Pengertian Sakit Gula

Hai sobat sehat! Kali ini sebagai pembuka, saya akan menulis tentang pengertian sakit gula atau diabetes. Kenapa perlu saya tulis ini? Ya, karena selama ini sudah banyak sekali kita lihat saudara kita yang menderita sakit gula atau diabetes. Penyakit ini ternyata sangat berbahaya karena bisa mengakibatkan kematian. Apalagi sakit yang dirasakan penderitanya juga sangat mengerikan sekali. Jadi sebaiknya kita waspada.

Sakit gula atau diabetes mellitus ialah sakit yang dikarenakan oleh kadar gula darah yang tinggi. Sakit gula atau diabetes juga bisa dipandang sebagai penyakit yang diakibatkan oleh gangguan reaksi kimia dalam hal penggunaan yang pas dari zat karbohidrat, zat lemak serta protein dari makanan karena kekurangan pengeluaran atau kekurangan insulin.

Insulin adalah hormon yang diproduksi oleh pankreas untuk mengatur jumlah gula dalam darah. Gula darah tinggi adalah jika kadar gula darah pada saat puasa lebih dari 126 mg / dl dan pada saat tidak cepat lebih dari 200 mg / dl.

Kadar gula darah biasanya kurang dari 120-140 mg / dl pada 2 jam setelah makan atau minum cairan yang mengandung gula atau karbohidrat lainnya. Kadar gula darah normal cenderung meningkat sedikit tapi semakin lama setelah berusia 50 tahun, terutama pada orang yang tidak aktif secara fisik.

Segitu dulu ya artikel saya pada kali ini tentang pengertian sakit gula atau diabetest. Lain kali kita sambung ya. Selalu jaga kesehatan anda, perhatikan makanan dan diet anda, agar selalu sehat.