Penyebab Terjadinya Sakit Gula


Kali ini jumpa lagi dengan saya yang menjelaskan kenapa bisa terjadinya sakit gula atau penyebab terjadinya  sakit gula.

Penyebab Penyakit Gula Darah
Penyebab penyakit gula karena tubuh kehilangan kemampuannya untuk memproduksi insulin sehingga peningkatan kadar gula dalam darah tidak dapat dihindari. Penyakit gula atau diabetes merupakan penyakit yang muncul akibat kebiasaan dan gaya hidup yang kurang baik sehingga menyebabkan organ pankreas mengalami kemunduran fungsi yaitu tidak bisa lagi memproduksi hormon insulin secara normal.

Berikut  ini saya akan menjelasakan beberapa penyebab mengenai  penyakit gula :

Penyebab Penyakit Gula atau Diabetes

Kurang olahraga/bergerak
Kurang olahraga atau kurang bergerak adalah salah satu penyebab penyakit gula menyerang segala usia. Karena ketiuiam tubuh kita banyak bergerak maka gula yang ada didalam tubuh akan diubah tubuh menjadi energi dan mencegah penumpukan didalam jaringan darah. Keluarnya energi dari tubuh dapat membakar lemak dan gula berlebih dalam darah yang menyebabkan aliran darah tetap lancar dan kadar gula selalu stabil. 

Obesitas
Obesitas merupakan penyebab utama munculnya gejala penyakit gula atau diabetes karena orang orang yang terserang obesitas maka didalam tubuhnya akan terdapat banyak lemak yang dapat mengganggu kinerja pankreas dan menyebbakan penumpukan gula didalam darah sehingga menyebabkan peningaktan kadar gula. 

Kadar kortikosteroid meningkat tajam
Kadar kortikosteroid meningkat tajam sehingga menyebbakan hormon senyawa regulator dari sistem hmeustasis tubuh tidak dapat membentengi dirinya dari serangan radikal bebas dan infeksi, Kondisi ini menyebabkan fungsi pankreas terganggu dan menyebabkan peningkatan kadar gula darah. (Baca Juga: Minuman Penurun Gula Darah , Makanan Penurun Gula Darah)

Obat obatan
Obat obatan, Dimana zat kimia dari obat bisa menumouk lalu merusak jaringan pankreas sehingga dengan sendirinya organ pankreas selalu gagal memproduksi enzim pencernaan dan hormon insulin, Akibatnya kadar gula darah menjadi cepat meningkat.

Kehamilan
Kehamilan dapat menyebabkan peningkatan kadar gula dan beresiko memicu munculnya penyakit gula jika tidak diimbangi dengan mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang. Ketika hamil ibu cenderung lebih dominan menyantap makanan yang mengandung gula, hal tersebut dikarenakan faktor perubahan hormon dalam tubuh. Itulah sebabnya mengapa ketika hamil berat badannya cepat meningkat.

Hipertensi
Penyakit darah tinggi adalah salah satu penyebab penyakit gula yang paling sering menimpa manusia dewasa antara usia 30 keatas. Hipertensi menyebabkan kerusakan jaringan tubuh termasuk jaringan pankreas yang bertanggung jawab memproduksi hormon insulin. (Baca Juga: Obat Hipertensi , Bahaya Garam bagi Penderita Hipertensi)

Kolesterol
Kolesterol yang tinggi didalam tubuh dapat menyebabkan aliran darah tersumbat, Menggagalkan penghancuran kadar gula yang berlebih didalam darah sehingga penumpukan zat gula tak dapat dihindari. Kondisi ini dapat menjadi penyebab penyakit gula menimpa pada orang orang yang mempunyai kolesterol tinggi.

Makanan dan minuamn manis
Kebiasaan makan dan minuman yang mengandung gula setiap hari apaklagi secara berlebihan dan merupakan kebiasaan yang sulit ditinggalkan maka akan mempercepat peningkatan kadar gula dalam darah yang bisa menyerang usia produktif. Kebiasaan ini bisa menjadi penyebab penyakit gula muncul pada usia muda yaitu antara usia 20 hingga 30 tahun.


Langsung tidur setelah makan
Hindari kebiasaan tidur setelah makan karena jika itu sering dilakukan maka zat gula dari makanan yang telah masuk kedalam tubuh tidak mendapat ruang dan waktu yang cukup untuk diubah menjadi energi sehingga akan mengendap dan menumpuk didalam darah sehingga memicu kadar gula menjadi naik. Jika terus menerus terjadi maka akan menjadi penyebab penyakit gula atau diabetes mellitus pada usia yang masih produktif dapat mudah terjadi.


Makan dengan gizi yang tidak seimbang
Jangan hanya makan makanan yang mengandung banyak gula saja yang sering anda santap tetapi imbangi dengan nutrisi lain setidaknya telah masuk kategori sebagai makanan 4 sehat 5 sempurna untuk mempertahankan insulin didalam tubuh agar tetap stabil.

Begadang
Hindari begadang yang tidak perlu karena bahaya sering tidur larut malam adalah peningkatan bobot tubuh, kadar gula cenderung naik dan terus.

Sekian dari saya mengenai penjelasan dan penyebab terjadinya sakit gula. Sampai jumpa di hari berikutnya ya teman-teman sekalian terima kasih.