Pantangan Gula Darah Redah

Pantangan Gula Darah Redah 

Darah rendah atau yang lebih dikenal dengan sebutan anemia atau hipotensi adalah jumlah sel darah merah yang berada dibawah garis normal yang disebabkan karena tekanan pemompaan darah oleh jantung yang kian melemah, namun tidak mempengaruhi kualitas sel darahnya. Misalnya tekanan darah yang terbilang baik dan normal adalah 120/80 mm Hg , jika ternyata ukurannya dibawah tekanan normal tersebut maka Anda dapat dinyatakan menderita darah rendah misalnya 100/60 mm Hg.


Berikut  pantangan bagi penderita tekanan gula darah rendah bagi semua jenis kelamin dan berlaku bagi semua umur:



1. Menghindari Makanan yang Digoreng

Jika ingin makan makanan yang digoreng sebaiknya buatlah sendiri di rumah dengan menggunakan minyak zaitun atau minyak yang tidak mengandung trans, agar kesehatan jantung dan jumlah sel darah merah Anda tetap terjaga dengan baik. Minyak jenuh yang biasa terdapat pada minyak yang beberapa kali dipakai yaitu yang sering digunakan para pedagang gorengan pinggir jalan, mempunyai sifat mengikat nutrisi tubuh dan darah serta menghambat aliran darah sehingga dapat menimbulkan tekanan darah menurun.

2. Menghindari Makanan Siap Saji atau Junk Food
Sebaik mungkin hindari makanan olahan yang biasa disajikan pada makanan siap saji atau junk food yang mengandung lemak jenuh dan kolersterol LDL yang dapat mengiritasi lambung dan menyumbat pembuluh darah serta aliran darah, jika aliran darah tidak lancar jangan harap tekanan darah Anda akan normal, tekanan akan terus menurun sehubungan makin banyak lemak jenuh yang masuk dalam darah Anda.

3. Menghindari Makanan Asam
Makanan asam bersifat menggerus dan dapat mengiritasi lambung yang menyebabkan nafsu makan berkurang, jika lambung timbul luka atau asam lambungnya meningkat  tanpa dilakukan pengobatan lebih lanjut maka kondisi tersebut cenderung akan menekan nafsu makan yang mengakibatkan tubuh kekurangan zat besi yang akhinya menyebabkan tubuh kekurangan darah dan terserang darah rendah.



4. Menghindari banyak Makan Mie Instan

Mie instan memang nikmat tetapi kendalikan agar tidak terlalu sering mengkonsumsinya. Zat pengawet dan zat lainnya dapat menghambat usus dalam mencerna makanan dengan baik, mie instan tidak banyak mengandung serat dan zat besi, maka tubuh akan menolak asupan makanan lain jika sudah makan mie instan karena mie bersifat menekan rasa lapar yang akhirnya dapat menyebabkan tekanan darah menurun.

5. Tidak Minum Air Kelapa Muda
Air kelapa muda dapat menurunkan tekanan darah dan suhu tubuh dalam sekejab ketika seseorang menderita kelelelahan akibat kerja yang berat atau olahraga. Air kelapa muda mengandung ion-ion energi sebagai pengganti cairan tubuh yang hampir hilang, untuk itu tidak baik dikonsumsi oleh orang yang memiliki tekanan darah yang rendah.



6. Tidak Minum-minuman yang Beralkohol

Alkohol bersifat panas dan dapat membuat luka dan iritasi lambung, usus dan merusak jumlah sel darah merah. Bagi yang tidak menderita darah rendah, apalagi pada seseorang yang menderita kurang darah atau darah rendah sebaiknya lupakan minuman beralkohol, karena jika tetap ingin mengkonsumsinya maka tubuh yang semakin lemas dan dapat menyebabkan pingsan karena alkohol mampu merusak sel darah merah dan mengakibatkan penyumbatan pada aliran darah menuju otak.



7. Tidak Makan Belimbing dan Mentimun atau Labu Parang

Mentimun, belimbing dan labu parang memang mengandung banyak vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh tapi tidak bagi seseorang yang menderita darah rendah. Ketiga buah ini bersifat mendinginkan dan menekan tekanan darah agar tidak terus meningkat melainkan menurunkan jumlah sel darah yang berlebihan agar tubuh menjadi seimbang, kondisi hanya baik dan cocok untuk seseorang yang menderita darah tinggi.

8. Jangan Membiarkan Stres Berkepanjangan
Stres dapat menyebabkan aliran darah tersumbat dan ketegangan otot disekitar kepala yang dapat mengganggu kinerja jaringan otak dan membuat tekanan darah menjadi tidak terkendali dengan baik. Stres yang terus menerus atau berkepanjangan dapat membuat tekanan darah menjadi rendah.


9. Jangan Melakukan Olahraga Terlalu Berat
Olahraga apapun dapat menguras energi dan keringat karena menaikkan suhu tubuh dan mempercepat denyut nadi dan jantung. Bagi orang yang menderita sakit darah tinggi ini akan berdampak baik karena olahraga mampu menurunkan stres dan tekanan darah tinggi. Jika Anda mempunyai tekanan darah rendah jangan melakukan olahraga yang terlalu berat, lakukanlah seperti jalan pagi.

10. Jangan Kurang Tidur
Bagi seseorang yang menderita darah rendah usahakan untuk tidur setidaknya 7 sampai 8 jam perhari untuk memperbaiki sel-sel darah merahnya agar semakin membaik dan meningkatkan sel darah merahnya. Kurang tidur adalah biang keladi terjadinya darah rendah bagi orang-orang yang semula tekanan darahnya normal. Kurang tidur mengakibatkan organ tubuh termasuk otak tidak dapat beristirahat dan terus bekerja, hal ini mengakibatkan jumlah sel darah merah didalam tubuh menjadi berkurang.

11. Hindari Tubuh Kurang Gula atau Garam
Bagi seseorang yang menderita darah rendah sebaiknya mengkonsumsi sedikit banyak gula dan garam pada menu masakannya agar tubuh terhindar dari anemia yang kronis. Gula dan garam dapat bertindak sebagai mineral yang baik untuk menyeimbangkan cairan dalam tubuh dan menstimulasi jumlah sel darah merah agar tidak semakin rendah.



12. Jangan Minum Minuman Bersoda

Minuman bersoda mengandung kadar gula yang tinggi dan terdapat bahan pengawet yang bagi sebagian orang dapat menyebabkan alergi. Kandungan gula didalam minuman bersoda tidak menaikkan tekanan darah rendah menjadi lebih sehat tetapi justru memicu peningkatan kadar gula dalam darah dan dapat menghambat penyerapan nutrisi dan gula alami yang terdapat di sayuran dan buah-buahan sehingga tubuh tidak mampu mengubahnya menjadi nutrisi yang baik agar dapat memperbaiki kualitas sel-sel darah merah pada seseorang yang berdarah rendah.

13. Hindari Makanan yang Tidak Berserat
Makanan yang berserat dapat membantu memperbaiki jumlah sel darah merah menjadi lebih sehat. Hindari segala bentuk makanan yang terlihat mahal dan menggoda perut tetapi tidak memilki kandungan nutrisi yanag baik termasuk serat.

Makannan yang pantang Anda konsumsi adalah misalnya berbagai jenis cake, donat atau es krim. Makanan yang tidak mengandung serat yang tingggi hanya membuat tekanan darah yang sudah rendah menjadi semakin rendah. Hal ini membahayakan jiwa seseorang, karena dapat menyebabkan tubuh pingsan karena dehidrasi.

14. Menghindari Jenis Makanan yang Pahit
Makanan yang mempunyai cita rasa pahit mempunyai semacam zat yang mampu menurunkan kadar tekanan darah bagi yang menderita tekanan darah tinggi misalnya pare, jamu, daun pepaya, bunga pepaya dan lain-lain.

Pada dasarnya orang yang kurang darah membutuhkan banyak zat gula bukan zat pahit. Karena zat gulalah yang dapat meningkatkan energi, stamina dan menaikkan tekanan darah secara perlahan-lahan ke darah yang lebih baik, sedangkan rasa pahit justru menghentikan atau menggagalkan proses peningkatan energi, stamina dan peningkatan tekanan darah itu sendiri.

15. Tidak Mengkonsumsi Obat-obatan
Mengkonsumsi obat-obatan terlarang atau bahkan obat pereda rasa nyeri yang mudah di beli di warung secara berlebihan atau jangka panjang dapat membahayakan tekanan darah, karena apapun jenis obat yang mengandung kimia memiliki kandungan zat biokimia yang bersifat merusak jaringan organ tubuh seperti ginjal, hati dan jantung.

Mengkonsumsi obat-obatan pereda rasa nyeri atau untuk pengobatan penyakit lain tetapi tanpa rekomendasi dokter , maka akan menyebabkan darah rendah. Zat kimia pada obat mampu mengikat garam dan gula dalam tubuh sehingga menghalangi daan menghambat sel-sel darah merah untuk mengalami peningkatan.yang mempunyai cita rasa pahit mempunyai semacam zat yang mampu menurunkan kadar tekanan darah bagi yang menderita tekanan darah tinggi misalnya pare, jamu, daun pepaya, bunga pepaya dan lain-lain.

Darah rendah dapat segera dinormalkan dengan mempertimbangkan asupan makanan yang banyak mengandung serat dan zat besi setiap harinya terutama pada anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan. Namun untuk mendapatkan tekanan darah yang seimbang hendaknya dilakukan secara teratur dan konsisten. Untuk menghindari darah rendah pada anak-anak dapat diberikan nutrisi sayuran dan buah dalam bentuk suplemen, dimana dalam satu tabletnya terdapat asupan nutrisi lengkap untuk digunakan tubuh selama 24 jam. Ini beberapa pantangan untuk gula darah rendah agar gula darah teman- teman bisa normal kembali,semoga bermanfaat buat teman-teman semua yang sudah terkena sakit gula terima kasih sampai berjumpa di hari berikutnya ya teman-teman.