Trik Mudah Menghindari Gula Darah Rendah

Trik Mudah Menghindari Gula Darah Rendah

PUNYA gula darah tinggi sangat repot. Tetapi punya gula darah rendah juga repot. Lantas, bagaimana trik hindari gula darah rendah? Bagaimana supaya Anda selalu punya kadar gula darah normal, yaitu tidak tinggi dan juga tidak rendah?
Ya, kadar gula normal adalah kadar gula yang sedang. Tidak tinggi dan juga tidak rendah. Ukurannya tergantung kondisi fisik Anda. Maksudnya, gula darah normal sebelum dan sesudah makan berbeda.

Kadar gula darah normal adalah 70 – 130 mg/dL sebelum makan. Dua jam setelah makan adalah lebih tinggi dari 130 mg/dL, tetapi kurang dari 180 mg/dL.

Jika Anda puasa setidaknya 8 jam, maka kadar gula darah Anda adalah kurang dari 100 mg/dL. Menjelang tidur adalah 100 – 140 mg/dL.

Zat gula sangat diperlukan oleh tubuh sebagai sumber energi untuk sel-sel tubuh. Darah yang mengangkut zat gula ke sel-sel tubuh sebagai energi yang membuat tubuh Anda sehat.

Tetapi, zat gula yang berlebihan juga bisa menyebabkan sumber penyakit diabetes. Begitu juga sebaliknya, akan menjadikan Anda tidak sehat.

Sama halnya dengan zat kolesterol atau zat purin yang menyebabkan penyakit asam urat saat berlebihan. Kelebihan zat kolesterol juga membuat Anda menderita kolesterol tinggi yang jika tidak diobati bisa mengancam kesehatan jantung Anda.

Untuk itu, Anda harus menjaga kadar gula darah selalu dalam keadaan normal. Jika terlalu rendah, ya Anda harus melakukan berbagai trik hindari gula darah rendah. Jika sebaliknya, ya usahakan bisa turun.

Gejala atau Tanda-tanda Menderita Gula Darah Rendah

Bagaimana cara Anda menghindari terjadinya gula darah rendah? Trik apa yang bisa Anda lakukan untuk menghindari gula darah rendah?

Ya, berikut ini adalah trik hindari gula rendah yang bisa Anda lakukan. Tetapi, Anda harus lebih dahulu punya tekad untuk hidup sehat dengan bebas dari penyakit gula darah, baik gula darah rendah atau gula darah tinggi (diabetes).Ini sangat penting karena banyak orang yang menderita sakit gula darah, mereka tidak sungguh-sungguh menghindari gula darah rendah maupun gula darah tinggi.

Akibatnya, mereka tidak mampu menyembuhkan sakitnya. Akhirnya mereka harus menderita sakit sepanjang hidupnya.

Kadar gula darah yang terlalu rendah (hipoglikemida) bisa membuat diri Anda tidak sehat. Anda akan merasakan berbagai kondisi tubuh seperti berikut ini, yaitu:

1. Kulit tampak pucat
2. Jantung sering berdebar-debar
3. Suka merasa gelisah
4. Mudah merasa lelah
5. Tubuh mudah lemas
6. Sering berkeringat dingin
7. Mudah merasa lapar
8. Sulit untuk berkonsentrasi
9. Mudah marah
10. Di area mulut sering kesemutan
11. Terkadang terjadi kejang-kejang
12. Sulit berdiri atau berjalan
13 .Tidak sadarkan diri atau pingsan

Kondisi ini tidak hanya akan membuat tubuh Anda tidak sehat, tetapi juga tidak produktif. Bahkan, kadar gula rendah yang tidak diobati dengan sungguh-sungguh bisa menyebabkan sakit jantung dan kerusakan otak.

Oleh karena itu, jika Anda menderita gula darah rendah harus secepatnya mengobati dan menaikkan kadar gula darah Anda menjadi normal. Lakukan trik menghindari kadar gula rendah agar tidak terkena sakit gula.