Kadar Gula Normal bagi Pria

Kadar Gula Normal bagi Pria

Kadar gula normal pada tubuh manusia sebenarnya tidak bisa ditentukan dengan satuan angka baku. Sebab, kadar gula normal pada tubuh bisa berubah-ubah tergantung pada kondisinya, seperti sebelum atau sesudah seseorang mengonsumsi makanan. Begitu pun jika penentuan kadar gula normal didasarkan pada gender. Tidak ada perbedaan signifikan antara kadar gula normal pada pria dan wanita.

Setelah menyantap makanan, sistem pencernaan dalam tubuh akan memecah karbohidrat menjadi gula dan akan diserap oleh aliran darah. Zat gula atau glukosa ini memiliki peranan penting, karena akan menjadi sumber energi yang berguna bagi kinerja tubuh. Zat gula tersebut akan dialirkan oleh darah menuju sel-sel tubuh dan akan dijadikan sebagai sumber energi.

Untuk mencapai sel-sel dalam tubuh, zat gula membutuhkan insulin. Insulin merupakan hormon yang dihasilkan oleh sebuah organ tubuh, yaitu pankreas. Setelah berhasil mencapai sel-sel dalam tubuh, zat gula akan dibakar menjadi energi dan digunakan untuk kinerja tubuh. Kelebihan zat gula kemudian akan disimpan di organ hati untuk digunakan di lain waktu.

Berikut adalah batas kadar gula darah normal pada orang dewasa sehat:

Kadar gula darah normal waktu sebelum makan, yaitu sekitar 70-130 miligram/desiliter.
Kadar gula darah normal waktu setelah makan, sekitar 2 jam yaitu kurang dari 140 miligram/desiliter.
Setelah puasa selama delapan jam, kadar gula darah normal yaitu kurang dari 100 miligram/desiliter.
Menjelang tidur, kadar gula darah normal yaitu 100-140 miligram/desiliter.
Baca juga: 2 Cara Sederhana Mengendalikan Gula Darah

Apa yang Terjadi Jika Kadar Gula Darah Rendah?

Ketika kadar gula dalam tubuh berada di bawah 72 miligram/desiliter, berarti kamu mengalami hipoglikemia atau kadar gula darah terlalu rendah. Kondisi ini bisa saja merupakan efek samping dari obat-obatan yang dikonsumsi oleh pengidap diabetes. Obat-obatan tersebut bisa saja menurunkan kadar gula darah dalam tubuh secara berlebihan.

Maka dari itu, sebaiknya barengi penggunaan insulin dan obat-obatan diabetes dengan asupan makanan yang cukup. Sebab, jika asupan makanan tidak mencukupi kebutuhan tubuh, kadar gula darah dalam tubuh juga akan turun. Selain itu, olahraga yang berlebihan juga bisa memicu keadaan ini.

Jika seseorang mengalami hipoglikemia, tubuh akan menjadi lemas. Selain itu, tanda-tanda yang akan muncul adalah kulit pucat, keluar keringat, rasa lapar, kelelahan, jantung berdebar, gelisah, mudah marah, dan kesemutan di mulut. Terlebih lagi, jika kadar gula darah dalam tubuh berada di bawah angka 40 miligram/desiliter, kondisi tubuh akan semakin parah. Bahkan, bisa berisiko fatal.

Cara Menjaga Kadar Gula dalam Tubuh Tetap Normal

Untuk menjaga kadar gula darah dalam tubuh supaya tetap normal, kamu bisa melakukan beberapa hal berikut ini. Pertama, lakukan olahraga rutin. Kamu bisa melakukan olahraga secara teratur, 2,5 jam per minggu. Dengan olahraga teratur, kamu bisa melatih kekuatan otot tubuh, sehingga bisa menjaga kadar gula darah tetap normal.

Selanjutnya, kamu juga harus memperhatikan asupan makanan. Dengan mengonsumsi makanan sehat, kadar gula darah dalam tubuh akan terjaga dengan baik. Jika kamu mengalami hipoglikemia, ada baiknya kamu selalu menyiapkan camilan manis. Namun jangan lupa untuk mengonsumsinya dalam batas wajar, sebab jangan sampai kadar gula darah dalam tubuhmu meningkat.

Ada baiknya juga kamu  menghindari kondisi yang membuatmu stres. Tekanan hidup yang mengakibatkan stres dapat memengaruhi kesehatan. Begitu pun dengan kadar gula darah, sebab stres dapat memengaruhi kadar gula darah dalam tubuh. Luangkan waktu untuk bersantai, seperti berolahraga santai, supaya pikiran kamu tetap tenang dan terhindar dari stres agar tidak terkena sakit gula tersebut.